Selasa, 08 Juni 2010

studio


TUGAS SALLES DAN MARKETING
OLEH :FAROBI BILHAQ
N.I.M : 44108010061

Jenis usaha : studio musik mencakup studio rekaman “BILHAQ STUDIO”

Analisa Peluang

Di daerah saya tepatnya di komplek taman pinang indah tangerang saya melihat banyak sekali anak-anak remaja yang gemar sekali untuk bermain musik. Hal tersebut dapat terlihat ketika saya dan ayah saya mengadakan suatu acara konser musik “SOUND BLAST” di kompek kami pada saat musim liburan sekolah,di tahun pertama tepatnya tahun 2008 ada skitar 20 band yang ikut memeriahkan acara tersebut,hal tersebut melebihi ekspektasi kami yang hanya berharap akan diisi kira-kira 10 band.di tahun kedua jumlah band terus bertambah bahkan ada yang dari luar daerah komplek kami sehingga kami harus membatasi jumlah peserta menjadi 30 band.

Saya menyadari bahwa begitu banyak sekali antusaias para remaja di daerah komplek ini dan sekitarnya yang sangat suka bermusik, tetapi ada satu hal yang kurang di sini yaitu studio musik, di komplek saya dulu pernah ada 1 studio musik tetapi kemudian studio tersebut di tutup tanpa alasan yang belum saya ketahui.

Saya mencoba untuk berfikir realistis, dengan adanya pasar yang cukup bagus dan terdapat peluang pasar dimana terdapat kecenderungan permintaan yang menguntungkan dimana saya percaya banyak kebutuhan konsumen belum terpuaskan, dengan mengidentifikasi peluang pasar ini yaitu dengan banyaknya minat para remaja dalam hal bermusik namum belum ada studio musik yang bisa menjadi tempat mereka berlatih saya rasa hal ini akan berhasil.



Analisa kompetitif

Di wilayah tempat saya tinggal memang belum ada satu studio musik, tetapi di sekitarnya kira-kira dalam 1 kecamatan diperkirakan ada 10 studio musik dan menurut analisa saya ada 3 studio yang patut diperkirakan untuk menjadi studio pesaing berdasarkan survey ketika saya bertanat kepada teman-teman saya yang suka bermain musik diantaranya adalah :
1. AIR STUDIO
Studio ini merupakan studio yang paling bagus dan popular walaupun letaknya cukup jauh dan harga sewanya yang mahal yaitu rp 50.000/jam tetapi banyak orang yang rela bermain disana dikarenakan kepuasan mereka terhadap kualitas alat yang bagus dan nyaman.serta kualitas suara yang jernih,selain sebagai studio musik studio ni juga bisa menjadi studio rekaman .hal ini dapat terlihat di jadwal pemakaian studio mereka yang selalu penuh di setiap akhir pekan .

2. SAMBI STUDIO MUSIK
Sambi mempunyai dua studio musik studio 1 dan studio 2, dengan harga dan tarif yang berbeda pula untuk studio satu tarifnya sekitar Rp 30.000/jam dan studio 2 dengan tarif Rp 25.000/ jam.kelebihan dari studio ini adalah harganya yang cukup terjangkau dan ada 2 macam plihan studio.selain itu studio ini juga memiliki toko musik sendiri yang menyediakan keperluan alat-alat musik dan tempatnya yang sangat nyaman sebagai tempat bersantai setelah latihan.kekurangan studio ini adalah kualitas suara yang dihasilkan tidak begitu jernih dan terdapat banyak noise.

3.STUDIO MATOA
Studio ini merupakan studio yang paling lama berdiri, tetapi dikarenakan banyak studio baru yang bermunculan studio ini tidak begitu popular lagi. Matoa memiliki 2 studi yaitu matoa 1(Rp 30.000/jam) dan matoa 2 (Rp 25.000/jam).kekurangan studio ini adalah kualitas alat yang sudah terlalu tua dan kualitas suara yang biasa-biasa saja karena sudah memiliki seeting suara tersendiri sehingga para pemain tidak boleh mengubah settingan suar sendiri.


KEUNTUNGAN KOMPETITIF
Dalam mempersiapkan strategi sehingga studio yang akan saya buat nanti bisa bersaing studio saya harus memiliki keuntungan kompetitif tersendiri yaitu :

1.studio saya terdiri dari 1 studio yang pertama studio latihan musik biasa mencakup studio rekaman.dengan spesifikasi alat yang lengkap dan terbaru dan design yang interaktif.
2. studio saya akan menerapkan sistem hemat yaitu perbedaan harga tariff di hari-hari tertentu.sebagai conoh hari senin tariff studio hanya Rp 25.000/jam dan dihari selasa-jumat Rp 30.000/jam dan sabtu-minggu Rp 35.000.dan untuk biaya rekaman dikenakan biaya Rp 400.000/SHIFT (1 shift= 6 jam)
3 Akan dibuat kartu member secara gratis, dengan keuntungan member bisa melakukan tahap pembukuuan (BOOKING) melalui telepon, sehingga bisa lebih memudahkan.
4. saya akan menyediakan sebuah café kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan sehingga customer bisa bersantai ketika sedang menunggu sebelum latihan atau sesudah latihan.di kafe tersebut juga menyediakan alat-alat musik sederhana yaitu stick drum dan senar gitar.
5.dalam hal promosi saya akan mengadakan acara konser musik dalam jangka waktu 3 bulan sekali dan acara puncak 1 tahun sekali yaitu dengan menggunakan alat-alat serta kru-kru studio kami,dan para member studio kami serta beberapa guest star.dan juga menyebarkan profil stuio melalui internet seperti blog,facebook dll,serta iklan-iklan dalam majalah musik seperti audiopro dan koran-koran local seperti radar banten, warta kota dll.

TARGET PEMASARAN
Target pemaasaran studio saya adalah semua orang yang ingin bermain musik dan merekam musiknya dengan kualitas studio yang maksimal khususnya di wilayah tangerang, semua jenis aliran musik akan kami terima di studio ini karena kami juga menyediakan spesifikasi yang berbeda pula.tapi target utama kami adalah para remaja khusunya di wilayang tangerang.sehingga mereka bisa menyalurkan bakat musiknya yang menurut saya adalah suatu hal yang positif.
PROSES PEMASARAN
Identifikasi pasar
Identifikasi pasar mencakup kegiatan untuk mengkelompokan konsumen yang memeiliki gaya hidup, kebutuhan dan dan kesukaan yang sama. Dalam hal pembentkan studio ini, saya mengidentifikasi bahwa saya berusa mengidentifikasi pasar yang akan saya cakup adalah mereka yang mempunyai hobi bermusik walaupun ada banyak aliran musik yang berkembang studio ini memfokuskan kepada mereka yang menyukai aliran pop-rock.

Segmentasi pasar
Setelah melakukan identifikasi pasar, proses segmentasi pasar harus segera dilakukan yaitu membagi suatu pasar kedalam kelompok-kelompok yang jelas. Studio musik yang akan saya buat mencakup banyak sekali jenis-jenis musik, dan saya akan membuat segmentasi khusus, yaitu musik terdiri dari berbagai macam jenis saya akan memposisikan studio saya untuk jenis-jenis musik pop-rock, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk jenis-jenis musik lain seperti jazz, metal, dll.

Positioning
Merupakan strategi komunikasi yang berhubungan dengan bagaimana khalayak menempatka suatu produk, merek atau perusahan di dalam otaknya. Studio saya akan menempatkan posiioning sebagai studio yang sangat nyaman lengkap dengan kualitas alat-alat yag maksimal dan tempat bersantai serta acara konser musik yang berkesinambungan. Sehingga diharapkan studio ini menjadi sarana bagi masyaraat khususnya yang menyukai musik sebagai tempat mengembangkan potensinya dan sarana berdiskusi dengan motto “musik tidak hanya sekedar brisik”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar